Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat Beli Produk Azarine Di Toko Underprice Skincare Pada Aplikasi Shopee

  • Sri Maya Valentina Purba Universitas Tjut Nyak Dhien
Keywords: Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Faktor Budaya, Sosial, Pribadi dan Minat Beli

Abstract

Penelitian ini mengevaluasi faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli produk Azarine di Toko Underprice Skincare di Shopee. Dari 496 pembeli, 50 responden dipilih secara acak. Metode alnallisis daltal yalitu  uji valliditals daln relialbilitals. Uji alsumsi klalsik yalng terdiir dalri uji normallitals, Uji Multikolonieritals, uji Heteroskedalstisitals. Alnallisis Regresi Linier Bergalndal, Uji hipotesis yalng terdiri dalri uji t, uji f daln uji determinalsi.  Pengolallhalln dalltall menggunallkalln softwallre stalltistik Hasil menunjukkan Kualitas Produk, Faktor Pribadi, dan Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Faktor Budaya dan Sosial tidak berpengaruh signifikan. Secara simultan, kelima faktor tersebut berpengaruh positif pada minat beli. Rekomendasi termasuk meningkatkan kualitas produk, pelayanan, dan mempertimbangkan preferensi pribadi konsumen dalam strategi pemasaran. Studi ini memberikan pandangan penting untuk meningkatkan strategi penjualan di platform Shopee.

References

Fathawati, M. H., & Slamet, A. R. (2016). Pengaruh Budaya, Sosial, Pribadi, dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Merek Mie Sedap.Jurnal Akuntansi.
Hudani, A. (2022). Pengaruh Faktor Budaya, Faktor Sosial, dan Faktor Pribadi Terhadap Keputusan Pembelian.Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA), 1(2), 99-10.
Iqbal, & Insan, W. (2019). How Product Quality, Brand Image, and Customer Satisfaction Affect Purchase Decisions of Indonesia Automotive Customers.International Journal of Service, Economics and Management, 10(2), 177-193.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management, 15th Edition.New Jersey: Pearson Prentice Hall, Inc.
Kusumawati, N. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Size, dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI 2012-2016).Skripsi. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Nurlaila Sari Miha, J., Sepang, J., & Soegoto, A. S. (2022). Analisis Minat Beli Konsumen Dan Keunggulan Produk Fashion Pada Andini Collection Di Manado.Jurnal EMBA, 10(2), 974-981.
Nurmin Alrialinto, S., & Difa, S. A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Konsumen pada PT Nirwana Gemilang Property.Jurnal Disrupsi Bisnis, 3(2), 2020. [Link](http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/DRB/article/view/6299).
Owusu, A. (2013). Influences of Price and Quality on Consumer Purchase of Mobile Phones in the Kumasi Metropolis in Ghana: A Comparative Study.European Journal of Business and Management, 5(1), 179-199.
Powa, A. G. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Konsumen Handphone pada Mahasiswa FEB Unsrat.Jurnal EMBA, 6*(3), [Link](https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/20082).*
Putra, A. Z., et al. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen.Jurnal Administrasi Bisnis, 48*(1), 124-131.*
Putra, S. (2020). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Kepuasan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Thrift Store di Instagram.E-Jurnal Entrepreneur dan Bisnis Universitas Raden Intan Lampung.*
Rahmad, R., Sabri, S., & Nasfi, N. (2020). Pengaruh Faktor Pribadi, Organisasi, dan Non Organisasi terhadap Komitmen Karyawan pada PT. PLN Area Bukittinggi.Jurnal Apresiasi Ekonomi, 8*(1), 142-152.*
Rahmawati, A. A. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Niat Pembelian Mi Instan Korea Non-Sertifikasi Halal Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Islam Yogyakarta.
Rahmadhani, N., & Nur Pangestu, R. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Budaya, Ras, Perkembangan Teknologi dan Lingkungan Geografis (Literature Review Perilaku Konsumen).Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 5*, 515-528. [DOI](https://doi.org/10.31933/jimt.v3i5.999).
Rhamadhan, & Santoso, S. B. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Ulang pada Sepatu Nike Running Di Semarang Melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening.Diponegoro Journal of Management, 6(1), 59-70.
Saidani Basrah. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Beli Pada Ranch Market.JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia
Published
2023-12-30
How to Cite
Purba, S. M. (2023). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat Beli Produk Azarine Di Toko Underprice Skincare Pada Aplikasi Shopee. JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS, 2(2), 237-254. https://doi.org/10.36490/jmdb.v2i2.996