Pengaruh Fasilitas Dan Kondisi Lingkungan Terhadap Kepuasan Mahasiswa

(Studi Pada Mahasiswa UIN RIL )

  • Amelia Hidayati UIN Raden Intan Lampung
  • Azzahra Nur Mauliza UIN Raden Intan Lampung
  • Ananda Satria UIN Raden Intan Lampung
  • Vicky F Sanjaya UIN Raden Intan Lampung
Keywords: Fasilitas, lingkungan, kepuasaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas dan kondisi lingkungan terhadap Kepuasan mahasiswa/i pada mahasiswa/i UIN RIL. Salah satu Universitas yang banyak diketahui dan sering dikunjungi mahasiswa/i adalah UIN RIL. Penelitian dilakukan pada bulan September 2023 yang bertempat di UIN RIL dengan objek penelitiannya adalah Mahasiswa/i UIN RIL. Pada penelitian ini penulis menggunakan jenis pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Teknik analisis data dilakukan melaluiĀ  uji validitas, uji reliabilitas, uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara fasilitas terhadap kepuasan mahasiswa. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan terhadap kepuasaan mahasiswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penyediaan fasilitas yang baik dan kondisi lingkungan yang nyaman berkontribusi secara positif terhadap tingkat kepuasan mahasiswa di lingkungan kampus tersebut.

References

Anjani, Yulianti. 2013. Pengaruh Fasilitas Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Produktif Administrasi Perkantoran SMK Negeri 3 Bandung. Skripsi. UPI: Bandung.
Ardiyani Fakrun Nissa 2019 .pengaruh fasilitas dan kualitas terhadap kepuasan nasabah
Curahman. (2020). Pengaruh Lingkungan Kampus, Motivasi Mahasiswa Dan Faktor-Faktor Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Akuntasi Di Kabupaten Subang. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(4).
Frisdiantara, C. (2019). Pengaruh Dimensi Pelayanan Dan Dimensi Fasilitas Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pada Universitas Kanjuruhan Malang. Jurnal Modernisasi, 9(2).
Hermawan Et Al. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluaga, Lingkungan Kampus, Lingkungan Masyaakat Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Edukasi, 8(1).
Herniyani, Tin. 2011. Dampak Budaya Belajar Dan Lingkungan Sekolah Pada Motivasi Belajar Muri. (www.trigunadharma.ac.id/index.php?menu=karyailmiah).
Irma Puspanti (2012). Persepsi Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan tentang Fasilitas dan Pelayanan dengan Kepuasan Pengguna di Perpustakaan Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: UNY
Islamuddin, Et Al . (2021). Pengaruh Kinerja Dosen, Kualitas Pelayanan, Dan Fasilitas Terhadap Kepuasaan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Sultanist: Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 9(2).
Isnaini. (2019). Pengaruh Kompetensi Dosen Dan Fasilitas Belajar Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fkip Uns. Jurnal Manajemen, 1(1).
Kurbani, A. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Akademik Dan Fasilitas Pendidikan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Kuliah Pada Universitas Pgri Palembang.. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 13(4).
Lijan Poltak Sinambela. 2014. Metodologi Penelitian Kuantitatif (Ct 1). Graha Ilmu Yogyakarta.
Maabu, Karmila. 2015. Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Motivasi Belajar Siswa di MA Nurul Bahri Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango. Universitas Negeri Gorontalo: Gorontalo
Mukhid, Abd. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif. Surabaya: CV. Jakad Publishing.
Rendi Prasetya pada tahun 2019. pengaruh fasilitas dan lokasi terhadap kepuasan mahasiswa pada sekolah tinggi agama budha negeri sriwijaya
Sembiring (2009). pengaruh kondisi lingkungan dan fasilitas belajar terhadap kepuasan mahasiswa
Sugiono, Sandu Dan M .Ali Sodik.2015 Dasar Metode Penelitian Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual & Spss. Jakarta: Kencana.
Wirawan & Risfandi. (2018). Pengaruh Fasilitas Perpustakaan, Kinerja Pustakawan Dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Mahasiswa Dalam Menggunakan Perpustakaan Politeknik Negeri Batam. Journal Of Applied Business Administration, 2(1).
Published
2023-12-29
How to Cite
Hidayati, A., Mauliza, A., Satria, A., & Sanjaya, V. (2023). Pengaruh Fasilitas Dan Kondisi Lingkungan Terhadap Kepuasan Mahasiswa. JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS, 2(2), 173-189. https://doi.org/10.36490/jmdb.v2i2.989