Pengaruh Lokasi Usaha, Cita Rasa, Dan Harga Terhadap Minat Beli Produk

(Studi Pada Konsumen Steaky Steak)

  • Abel Liana UIN Raden Intan Lampung
  • Wahyuni Annisa UIN Raden Intan Lampung
  • Djodi Mahardika UIN Raden Intan Lampung
  • Vicky F Sanjaya UIN Raden Intan Lampung
Keywords: Lokasi Usaha, Cita Rasa, Harga, Minat Beli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lokasi usaha, cita rasa, dan harga terhadap minat beli produk pada konsumen Steaky Steak. Salah satu restoran steak yang banyak diketahui dan sering dikunjungi pengunjungnya adalah Steaky Steak. Penelitian dilakukan pada bulan September 2023 yang bertempat di Steaky Steak dengan objek penelitiannya adalah konsumen Steaky Steak. Pada penelitian ini penulis menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data melalui kuesioner. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui metode kuesioner. Teknik analisis data dilakukan melalui uji validitas, uji reliabilitas dan uji hipotesisi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan mendalam mengenai sejauh mana lokasi usaha, cita rasa, dan harga terhadap minat beli produk. Sebaiknya pihak Steaky Steak juga memikirkan variabel-variabel yang mempengaruhinya demi meningkatkan jumlah penjualannya pada Steaky Steak. Kesimpulan dari penelitian yaitu Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lokasi usaha (X1) terhadap minat beli produk di Steaky Steak. Tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan antara cita rasa (X2) terhadap minat beli produk di Steaky Steak. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara harga (X3) terhadap minat beli produk di Steaky Steak.  Sehingga dapat disimpulkan jika harga yang dibayar sesuai dengan kualitas produk yang didapat maka minat beli konsumen akan meningkat. Selanjutnya jika lokasi steaky steak semakin strategis, memiliki akses yang mudah, berada dipinggir jalan raya maka minat beli ulang akan meningkat. kemudian jika cita rasa yang didapatkan tidak sesuai dengan keinginan konsumen maka minat beli akan menurun.

References

Arrahman, E. 2022. Pengaruh Lokasi dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen. PUBLIK: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik, 9(1).

Astika Pratiwi. 2016. Lokasi, Harga, Dan Keberagaman Produk Terhadap Minat Beli Pada Pasar Tradisional Argosari Wonosari.

Astulti, Wellsa Dan Kurniawan 2019. Pengaruh Keragaman Menu Dan Citra Rasa, Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Rumah Makan Minang Jl. Brigjen Katamso.

Cindy, M. 2020. Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Administrasi Bisnis, 9(3).

Elko Purnomo. 2016. Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen Dalam Membeli Produk Lokal (Studi Kasus Desa Rambah Ultama).

Garry, R. 2019. Pengaruh Lokasi Usaha Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Pasar Swalayan Borobudur Manado). Jurnal Administrasi Bisnis, 1(1), 1-8.

Helindra Furl. 2013. Lokasi, Keberagaman Produk, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Pada Pasar Tradisional Beliserat Icalaca.

Irawan. 2020. Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada PT. Satria Nusantara Jaya.

Karmila, B. 2022. Pengaruh Citra Rasa dan Keragaman Menu Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Mie Ayam Organik Podomoro. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Medan Area.

Laella. 2021. Pengaruh Kualitas Makanan, Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Pembelian Ulang Pada Rumah Makan Ciganela Purwakarta.

Lijan Poltak Sinambella. 2014. Metodologi Penelitian Kuantitatif (Edisi 1). Graha Ilmu: Yogyakarta.

Mulfarelikoh, Zainatull. 2020. Statistik Pendidikan (Konsep Sampling Dan Uji Hipotesis). Surabaya: CV Jakad Media Publishing.

Muhammad Adam. 2015. Manajemen Pemasaran Jasa dan Nilai dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Mulkhid, Abd. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif. Surabaya: CV. Jakad Publishing.

Nazmuldin. 2019. Pengaruh Citra Rasa dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen Kue Balok Babakan.

Nurfitriana dan Iriani. 2018. Citra Merek, Kualitas Produk, Harga dan Pengaruhnya pada Minat Beli Ulang Produk Kecantikan Wardah.

Pertiwi. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Minat Beli Kembali Produk Pestisida Pada PT. Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) Cabang Pelabuhan Baru.

Puspita Ringga Sarah Jayanti. 2010. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Ulang Ponsel Samsung di Wilayah Surabaya.

Rahadian Ali Oetomo. 2012. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi, Harga dan Kualitas Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen.

Samsuddin, B. 2022. Pengaruh Citra Rasa Terhadap Minat Beli Ulang Pada Dapur Lamongan Tolitoli. Economics And Business Management Journal (EBMJ), 1(2).
Published
2023-12-27
How to Cite
Liana, A., Annisa, W., Mahardika, D., & Sanjaya, V. (2023). Pengaruh Lokasi Usaha, Cita Rasa, Dan Harga Terhadap Minat Beli Produk. JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS, 2(2), 127-150. https://doi.org/10.36490/jmdb.v2i2.984